PPTI Siapkan Video Pelatihan Kader TBC

JAKARTA — Berdasarkan Global TB Report 2018 yang diterbitkan oleh WHO, Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan kasus tuberkulosis (TBC) tertinggi di dunia. Besarnya masalah pengendalian penyakit TBC antara lain masih adanya stigma masyarakat dan rendahnya pengetahuan tentang TBC.

Hal tersebut disebabkan antara lain minimnya penyebarluasan informasi tentang TBC kepada masyarakat secara luas dan terus menerus melalui berbagai saluran komunikasi.

Menyadari hal itu, PPTI saat ini sedang mempersiapkan produksi video tutorial untuk pelatihan bagi para kader dan calon kader TBC di seluruh Indonesia. Video tutorial ini  efektif,  juga  dinilai efisien jika dibandingkan cara sebelumnya, di mana para kader harus mengikuti pelatihan selama tiga hari secara tatap muka.

Hal itu terangkum dalam rapat persiapan produki video tutorial PPTI dengan rumah produksi PT Studio Samuan, Rabu (30/1/2019) di ruang rapat PPTI Pusat, Jalan Sultan Iskandar Muda No 66A, Kebayoran lama Utara, Jakarta Selatan.

“Pembuatan video tutorial ini bertujuan untuk efisiensi dan efektivitas karena pelaksanaan pelatihan kader selama ini dilakukan tiga hari dengan metode tatap muka, di dalam kelas, biayanya sudah pasti lebih mahal. Materi pelatihan dikemas dalam 6 buah video masing-masing berdurasi maksimal 5 menit. Dengan demikian, pelatihan kader dengan menggunakan video ini waktunya bisa dipersingkat menjadi setengah  hari atau beberapa jam saja dan dapat dilihat berulang-ulang,” kata Sekretaris Umum PPTI, Drg. Mariani Reksoprodjo.

Mariani menambahkan, setelah video tutorial diluncurkan, akan dikirim ke PPTI wilayah dan PPTI Cabang dengan harapan, pengurus wilayah dan cabang PPTI  memahami terlebih dulu baru kemudian mengundang para kader untuk nonton bareng (Nobar), sehingga apabila ada hal-hal yang belum jelas dapat didiskusikan. Setelah itu, baru diunggah di website PPTI.

“Setelah video ini diaplikasikan, akan ada evaluasi secara berkala untuk mengukur efektivitas tutorial ini bagi para kader. Selain itu, tentu juga akan dilihat dampaknya pada kontribusi PPTI terhadap penemuan kasus TBC dan keberhasilan pengobatan”,  tambah Mariani.

Lima Video

Serial Video tutorial dibagi dalam  6 video yang materinya terdiri dari  Pengetahuan Dasar TBC; Peran Kader TBC; Penyuluhan TBC dan Komunikasi Efektif; Mengenal Orang dengan Gejala TBC; Pendampingan Pengobatan Pasien TBC; Penggerakan Masyarakat, serta Pencatatan dan Pelaporan. Durasi masing-masing video disesuaikan dengan kebutuhan, berkisar antara 3 – 5 menit.  Narasi video akan digarap  oleh master of trainer TBC Nasional maupun pelatih kader PPTI bersama –sama dengan pihak producton hause.

Mereka itu adalah Dr. H.D. Djamal, M.Si.,  Ketua Badan Pengurus Wilayah PPTI Lampung,  Dr. Hedy B. Sampurno,  Anggota Pengurus PPTI Wilayah Jabar, Dr. Zakaria Ansyori, Dr. Sonny Sondari, Dr. Fitri Manan dan Ani Rustiani, Amd., Ketua dan Anggota Pengurus PPTI Cabang Cimahi.

Menurut Andina R., dari Studio Samuan, video tutorial akan dibuat sependek dan semenarik mungkin. Tampilan di video nantinya merupakan perpaduan video riil dengan pemeran manusia dibantu dengan infografis/motion grafis, serta animasi dua dimensi.

Dr. Lily Sri Wahyuni Sulistyowati,anggota Bidang Dana, Usaha dan Sosial PPTI Pusat mengingatkan agar materi pelatihan ini bisa didistribusikan seluas mungkin lewat berbagai platform media yang dimiliki PPTI, baik di situs web maupun di media sosial.

“Dalam video tersebut diusulkan agar memiliki hak cipta adalah PPTI Pusat. Artinya tidak diperbolehkan diproduksi ulang tanpa izin, Selain itu, materi video juga harus memperhatikan kebutuhan para kader atau publik yang berkebutuhan khusus seningga perlu dibuat teks yang mudah dibaca dan dipahami” kata Lily.

Hadir dalam rapat persiapan tersebut tim dari PT Samuan Bambang Edi dan Andina R, sejumlah Pengurus Pusat PPTI antara lain Drg. Mariani Reksoprodjo, Dr. Indrawati Hadi, Dr. Fakhrur Razi, Apolonius Lase dan Dr. Lily S. W. Sulistyowati,  Dr. Hedy B. Sampurno, Pengurus Wilayah PPTI Jabar, Dr. H.D. Djamal, M.Si., Ketua Pengurus Wilayah PPTI Lampung, Dr. Zakaria Ansyori  dan Ani Rustiani ( Ketua dan Anggota Pengurus PPTI Cabang Cimahi).

Berita ini disiarkan oleh Pengurus Pusat Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494  atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

 

Badan Pengurus Pusat PPTI

Drg. Mariani Reksoprodjo

Sekretaris Umum

 

 

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *